Home » » Cara Membuat Ballast Pada Kereta Api Mainan dan Model

Cara Membuat Ballast Pada Kereta Api Mainan dan Model

Cara Membuat Ballast Pada Kereta Api Mainan dan Model

         Oke, setelah cara membuat bangunan, menara, jembatan dari bahan kayu stik es krim sekarang saatnya saya akan berbagi bagaimana cara membuat balast untuk rel kereta api mainan anda. Cara ini sebenarnya amatlah mudah dilakukan, sobat hanya perlu sedikit konsentrasi dan kesabaran dalam melakukan proses ini, khususnya saat melakukan pengeleman pada batu balast. 

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah:
  • Batu balast (dapat anda dapatkan dengan cara mengayak dari pasir dengan menggunakan saringan teh, adapun jika anda memiliki uang berlebih anda bisa membelinya di toko maket).
  • Lem kayu
  • Kuas/ pipet.
Cara dan langkah:
  • Atur batu balast anda di rel yang sudah disiapkan sebelumnya. Pastikan balast berada dibawah rel karena jika balsat sejajar atau lebih dari pada rel akan menjadi hambatan saat kereta api dijalankan (coba anda perhatikan balast pada kereta api sebenarnya).
  • Encerkan lem kayu dengan air (jangan terlalu encer dan jangan terlalu cair juga).
  • Teteskan lem kayu yang sudah diencerkan tadi dengan menggunakan kuas atau pipet ke balast yang sudah terususun di rel (Pastikan lem tidak merekat pada rel kereta karena jik aanda menggunakan kereta api model ini dapat menghambat sistem kelistrikan ke rangkaian kereta).
  • Tunggulah sekitar 1-2 hari sampai lem benar-benar mengering dan setelah itu kereta api dapat sobat  mainkan. Selamat Mencoba.
Catatan Penting:

perhatikan tinggi balast yang sobat buat, usahakan tingginya jangan melebihi batas atas rel. Untuk lebih mudahnya sobat dapat mencontoh dari gambar foto posisi balast dan rel kereta api sesungguhnya.

Terimakasih sudah berkungung ke blog Dipo Lokomotif Mojosari 

2 komentar:

  1. wahhh sangat kreatif, thanks buat arikel dan tutorialnya. bisa diterapin di rumah.
    kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com yaa

    BalasHapus
  2. wahhh sangat kreatif, thanks buat arikel dan tutorialnya. bisa diterapin di rumah.
    kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com yaa

    BalasHapus